Bagaimana Menulis Manfaat Penelitian?

Ada pola penulisan manfaat penelitian yang keliru dan terjadi turun-temurun. Entah karena mahasiswa penulis hasil penelitian jarang membaca referensi metode penelitian, atau rumusan naskah skripsi yang mengikuti format template asli, tapi palsu, yang keliru dari senior peneliti terdahulu. Ada kesan minimnya sikap kritis dalam menelaah bacaan referensi internal, cenderung menerima teks tertulis skripsi senior, sebagai kebenaran lalu diikuti bersama, padahal dengan studi kasus berbeda. Hasilnya narasi ‘Kegunaan’ atau ‘Manfaat’ Penelitian tampil seragam, bahkan pada level format penulisan. Pembagian kedalam 3 kategori: manfaat untuk akademik, untuk instansi, dan untuk pribadi penulis, seperti mantra suci yang bid’ah diselisihi. Padahal ketiganya bukanlah bentuk template pedoman yang pakem prodi, dan tentu saja tidak boleh begitu.
Di samping pengkategorian yang tidak penting itu, masalah perumusan manfaat juga keliru dalam menyajikan narasi. Statemen-statemen manfaat seperti:

  1. Bermanfaat sebagai referensi dalam dunia akademik.
  2. Mempermudah instansi atau lembaga A melakukan pekerjaan administrasi.
  3. Memenuhi syarat penyelesaian studi penulis.

Deskripsi efek luaran penelitian seperti itu bukan saja terkesan basa-basi, tapi juga memprihatinkan. Memprihatinkan sebagai indikasi lemahnya literasi penelitian para calon sarjana ini. Judgment literasi tentu tidak berlebihan menimbang perulangan kasus serupa yang boleh dikatakan pada hampir semua pengaju proposal awal sebelum koreksi pembimbing. Mestinya hal serupa tidak perlu terjadi lagi, apalagi jika sampai simpulan manfaat demikian, lolos menjadi produk akhir hasil penelitian.
‘Sebagai referensi akademik’ atau ‘mempermudah pekerjaan administratif’ sifatnya terlalu umum, tidak melukiskan gambaran tentang kasus spesifik yang diteliti. Penyebutan manfaat demikian menjadi mubazir, sebab tanpa disebutkan pun pembaca bisa menerka. Sedangkan kegunaan ‘penyelesaian studi’ lebih parah lagi. Pembaca skripsi tentu paham dengan itu, dan tak seharusnya waktunya terbuang membaca karya akademik hanya untuk membaca ulang hal tersebut. Lagi pula, syarat itu ada pada fisik skripsinya, bukan pada penelitiaannya. Sedangkan manfaat yang dituntut adalah manfaat hasil penelitian bukan manfaat penulisan skripsi.

Manfaat penelitian sesungguhnya berkaitan dengan tujuan penelitian. Jika tujuan spesifik dan unik, maka tentu manfaat juga spesifik. Oleh karena berkaitan dengan tujuan, maka manfaat disuguhkan dengan asumsi setelah tujuan penelitian tercapai. Manfaat adalah narasi yang objektif yang menggambarkan hal-hal yang diperoleh setelah suatu tujuan penelitian telah terpenuhi. Manfaat bisa saja bersifat teori atau bersifat praktis misalkan memecahkan masalah-masalah pada objek yang diteliti.
Jadi kata kunci penulisan manfaat, terikat dengan objek yang diteliti dan dengan tujuan penelitian tersebut. Karena itu, penulisan manfaat keluar dari ikatan tersebut menjadi keliru. Contoh, ‘skripsi berguna untuk bantalan kursi’ atau ‘pembungkus kacang goreng’ adalah contoh sedikit ekstrem penulisan manfaat yang salah, meskipun mungkin lembaran-lembaran itu bisa untuk pembungkus. Tapi simpulan itu jauh dari ikatan objek teliti dan tujuan dari penelitian.

Penulisan manfaat pada hasil penelitian sangat penting untuk memberi gambaran pada pembaca tentang outcome dan impact dari penelitian yang dilakukan. Jika bagian ini tidak jelas, maka seperti kehilangan serpihan besar karya ilmiah. Karya menjadi sulit dipahami dan pembaca bisa saja kehilangan orientasi pada ‘untuk apa semua ini diteliti’.
Selain itu, bagian penting deskripsi manfaat yang harus tepat, adalah untuk kepentingan kesolidan karya ilmiah. Manfaat sangat terkait dengan bagian saran pada bagian akhir penelitian: Kesimpulan dan Saran. Salah satu poin pokok saran adalah pejabaran yang berkaitan dengan manfaat.
Jadi tulislah manfaat penelitian anda dengan baik dan benar!

Penulis:
Rahman
Ketua Gugus Mutu Penjaminan Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar

Log In

Create an account