PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PRODI SI FST UINAM DI SIT AS-SUNNAH MAKASSAR

“INTEGRASI PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU (SIT)”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّةِ وَبَرَكَاتُهُ

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat menuntut semua pihak mengembangkan diri dan beradaptasi serta mengikuti arus dengan memanfaatkan teknologi dalam segala aktivitas. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menjalankan kegiatan Pendidikan. Teknologi informasi memberikan kontribusi yang sangat berperan terhadap peningkatan system Pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, dunia Pendidikan di era sekarang ini harus merespon perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendorong percepatan computer literacy. Pentingnya integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada lembaga pendidikan sehingga Prodi Sistem Informasi (prodi SI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada salah satu sekolah ternama di Makassar yaitu Sekolah Islam Terpadu as-Sunnah. Pengabdian ini mengusung tema “Integrasi Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi pada Kurikulum Sekolah Islam Terpadu (SIT). Kegiatan ini berlangsung dua hari yakni Sabtu, 27 Maret 2021 dan Ahad, 28 Maret 2021 dengan jumlah peserta kurang lebih 40 orang berasal dari pendidik dan tenaga kependidikan SIT as-Sunnah Makassar, serta beberapa mahasiswa PPL dari UNHAS dan UNM yang magang di SIT as-Sunnah Makassar.

Tujuan utama dari pengabdian ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait kurikulum terintegrasi. Bagaimana memadukan antara kurikulum umum (K13) dengan kurikulum SIT dan kurikulum hasil olahan SIT sendiri. Sehingga dari perpaduan kurikulum tersebut diharapkan mampu melaksanakan system Pendidikan terpadu tanpa ada dikotomi ilmu dan mampu membentuk karakter peserta didik yang IMTAK dan IPTEK sehingga balanced between wordly life and here after. Selain itu, juga berbagi pengalaman terkait bagaimana memadukan pelaksanaan proses Pendidikan dengan menggunakan kecanggihan teknologi informasi sehingga diharapkan mampu membantu para stakeholder Pendidikan melaksanakan tugasnya dengan mudah.

Sabtu, 27 Maret 2021 pukul 09.00 acara dimulai dengan pembukaan oleh MC. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Prodi SI FST UINAM (Faisal Akib, S.Kom,m M,Kom.). Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SDIT as-Sunnah (Dian Awal) sebagai perwakilan dari SIT as-Sunnah sekaligus membuka secara resmi. Selesai acara pembukaan, hadir sebagai moderator Nahrun Hartono, S.Kom., M.Kom., menghandel jalannya kegiatan pengabdian. Kegiatan ini berbentuk pelatihan sehingga membutuhkan waktu untuk penyampaian materi dan Latihan/praktek langsung. Materi pertama dibawakan oleh Adhy Rizaldhy, S.Kom., M.Kom., dengan judul Pelatihan Komputer Dasar, Penggunaan Ms. Word dan Excel. Materi ini berlangsung selama 3 jam berikut dengan Latihan/praktek. Zulkarnaim Masyhur, S.Kom., M.T. hadir sebagai pemateri kedua memberikan pelatihan Desain dan Penyusunan Buku dan Modul Pengajaran Referensi. Materi kedua ini sekaligus Latihan/praktek berlangsung selama 2 jam 30 menit.  Kegiatan pelatihan di hari pertama berlangsung sampai pukul 15.00 WITA.

Kegiatan berlanjut pada Ahad, 28 Maret 2021 dengan materi Instrumen Penyusunan Kurikulum Integrasi Islam, Teknologi Informasi, dan Keahlian Penyusunan Soal HOTS yang dibawakan oleh Titi Mildawati, S.Pd.I., M.Pd.I. bersama dengan Syahbudin, S.Kom., M.Kom., Materi ini sekaligus sharing pengalaman serta diskusi lepas dengan peserta terkait kurikulum terpadu SIT membutuhkan waktu 4 jam. Tepat pukul 12.00 WITA acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari panitia dan peserta demikian pula dari kami sebagai tim pengabdi. Sebagai reward dan bukti pernah menjadi peserta pelatihan ini, kami sebagai tim pelaksana membagikan sertifikat kepada masing-masing peserta.

Akhirul kalam, alhamdulillah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi SI FST UINAM di SIT as-Sunnah berjalan dengan baik dan lancar. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya para peserta sehingga bisa mengaplikasikannya di sekolah.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّةِ وَبَرَكَاتُهُ

Penulis: Hastuti Burhanuddin

Log In

Create an account